10 Tips Cara Aman Melindungi Komputer

1. Perlindungan menggunakan perangkat lunak "software anti-virus" yang up to date.
Pastikan Anda memiliki software anti-virus pada komputer Anda! Software Anti-virus dirancang untuk melindungi Anda dan komputer Anda terhadap virus yang dikenal sehingga Anda tidak perlu khawatir. terhadap virus yang bisa merusak. Virus baru muncul setiap hari, oleh karena itu program anti-virus membutuhkan update reguler, untuk mengenali virus ini. Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak anti-virus secara teratur!

2. Jangan membuka email dari sumber yang tidak diketahui.
Jika Anda tidak tahu orang yang mengirimkan Anda sebuah email, Anda harus berhati-hati membuka email dan file apa saja yang melekat padanya. Jika Anda menerima email mencurigakan, hal terbaik untuk dilakukan adalah menghapus seluruh pesan, termasuk lampiran. Anda sebaiknya berhati-hati terhadap pesan yang aneh dan tak terduga, terutama jika mengandung hyperlink mencurigakan.

3. Gunakan password yang sulit ditebak.
Jangan berbagi password dengan siapapun, dan jangan gunakan password yang sama di lebih dari satu tempat. Jika seseorang bisa menebak salah satu password Anda, Anda tidak ingin mereka untuk dapat menggunakannya di tempat lain. Password yang baik seperti dibawah ini :

Password harus memiliki minimal 8 karakter dan menggunakan huruf besar, huruf kecil huruf dan angka, misalnya, xk28LP97.

Ubah password secara teratur, minimal setiap 90 hari.

Jangan berikan kata sandi Anda kepada siapa pun!

4. Lindungi komputer Anda dari Internet gunakanlah "firewall".
Lengkapi komputer Anda dengan firewall! Firewall menciptakan dinding pelindung antara komputer Anda dan dunia luar. Perangkat lunak firewall yang berjalan pada komputer pribadi Anda dan perangkat keras firewall yang melindungi sejumlah komputer pada waktu yang sama. Mereka bekerja dengan menyaring suatu yang tidak sah atau jenis data berbahaya dari Internet. Firewall juga memastikan bahwa orang-orang yang tidak sah tidak dapat memperoleh akses ke komputer Anda ketika Anda terhubung ke Internet.

5. Jangan berbagi akses ke komputer Anda dengan orang asing.
Sistem operasi komputer Anda dapat mengizinkan komputer lain di jaringan, termasuk Internet, untuk mengakses hard-drive komputer Anda agar dapat "berbagi file". Kemampuan untuk berbagi file dapat digunakan untuk menginfeksi komputer dengan virus atau melihat file pada komputer Anda, kecuali jika Anda benar-benar membutuhkan file sharing ini, pastikan Anda menonaktifkan file sharing. Periksa sistem operasi Anda dan program lain file help untuk mempelajari cara menonaktifkan file sharing. Jangan berbagi akses ke komputer Anda dengan orang asing!

6. Disconnect dari Internet jika tidak digunakan.
Ingat bahwa Internet adalah akses jalan dua arah. Anda dapat mengirim dan menerima informasi. Disconnecting komputer anda dari Internet ketika Anda sedang tidak online ini dapat mencegah seseorang yang akan dapat mengakses komputer Anda. Dan jika Anda belum mempunyai software anti-virus yang up date, atau tidak memiliki firewall di komputer, seseorang dapat menginfeksi komputer Anda atau menyalahgunakannya untuk kepentingan yang merugikan kita dan orang lain

7. Back up data komputer Anda.
Buatlah backup mingguan semua data penting anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pastikan Anda memiliki software backup data yang bisa diperoleh di internet

8. Perlindungan keamanan secara teratur download update "patch".
Sebagian besar perusahaan perangkat lunak selalu mengupdate dan patch untuk perangkat lunak mereka. Kadang-kadang ditemukan bug dalam sebuah program yang memungkinkan orang jahat untuk menyerang komputer Anda. Ketika bug ini ditemukan, perusahaan perangkat lunak, atau vendor, menciptakan patch yang mereka posting di situs web mereka. Anda perlu memastikan Anda men-download dan menginstal patchnya!

9. Periksa keamanan Anda secara teratur. Bila Anda mengubah jam untuk daylight-savings time, Evaluasi kembali keamanan komputer Anda program dan sistem operasi pada komputer Anda memiliki banyak fitur berharga yang membuat hidup Anda lebih mudah, tetapi bisa juga membuat Anda rentan terhadap hacker dan virus. Anda harus mengevaluasi keamanan komputer Anda setidaknya dua kali setahun - melakukannya ketika Anda mengubah jam untuk daylight-saving! Lihat setting pada aplikasi yang Anda miliki di komputer Anda. perangkat lunak browser Anda, misalnya, biasanya memiliki pengaturan keamanan di daerah preferensi. Periksa pengaturan apa yang Anda miliki dan pastikan Anda memiliki tingkat keamanan yang sesuai untuk Anda.

10. Pastikan anggota keluarga Anda atau karyawan Anda tahu apa yang harus dilakukan terhadap komputer .
Sangat penting setiap orang yang menggunakan komputer harus waspada terhadap celah keamanan yang terjadi. Orang harus tahu cara memperbarui proteksi virus software, cara men-download patch keamanan dari vendor software juga bagaimana cara membuat password yang tepat.

0 komentar:

Share